Minggu, 14 Juni 2009

Sejarah Pendirian TEKNOKRAT


Lembaga Pendidikan Teknokrat yang telah ditunjuk sebagai model percontohan Program Pendidikan Sistem Ganda (link and match) tingkat nasional, didirikan pada tanggal 19 Februari 1986 dengan menggunakan nama “Kursus dan Bimbingan Technocrat” atas izin Depdikbud (Depdiknas) Propinsi Lampung. Lembaga ini didirikan oleh Nasrullah Yusuf dengan bermodalkan sebuah motor bekas merk Bajaj yang dijual Rp 1.600.000,-. Pada awal berdirinya, hanya menggunakan satu gedung yang disewa Rp. 1.000.000,- pertahun, dengan perlengkapan yang didesain sendiri yaitu dua papan tulis kapur, 50 kursi kuliah dari kayu, satu meja tata usaha, dan tiga mesin tik manual.

Program yang diselenggarakan pada awal pendiriannya masih terbatas pada kursus Bahasa Inggris, Akuntansi, Bimbingan Belajar, dan Mengetik manual dengan dua orang tenaga pengajar pada saat itu, yaitu Nasrullah Yusuf dan Hernaini
Pada tahun 1995 Kursus dan Bimbingan Technocrat berganti nama dalam rangka Indonesianisasi menjadi Lembaga Pendidikan Teknokrat. Lembaga ini membawahi dua departemen yaitu Departemen Kursus dan Bimbingan, serta Departemen Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen.

Beberapa prestasi yang telah diraih oleh Lembaga Pendidikan Teknokrat baik di tingkat nasional maupun daerah, antara lain:

Lembaga Pendidikan Teladan II Tingkat Nasional Tahun 2000 (bidang Bahasa Inggris). Lembaga Pendidikan Teladan I Tingkat Nasional Tahun 1998 (bidang Komputer). Lembaga Pendidikan Teladan II Tingkat Nasional Tahun 1997 (bidang Akuntansi). Lembaga Pendidikan Teladan Harapan III Tingkat Nasional Tahun 1993. Lembaga Pendidikan Teladan Propinsi Lampung Tahun 1998 (Bahasa Inggris dan Komputer). Lembaga Pendidikan Teladan Propinsi Lampung Tahun 1990 dan 1993.


Dari perkembangan yang pesat dan prestasi-prestasi yang telah diraih Lembaga Pendidikan Teknokrat, Lembaga ini berusaha untuk meningkatkan peran sertanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan Perguruan Tinggi Teknokrat pada tahun 2000. Perguruan Tinggi ini terdiri dari tiga institusi, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK)Teknokrat, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK)Teknokrat dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA)Teknokrat.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK)Teknokrat telah mendapatkan izin operasional dan status badan hukum pada tanggal 8 Februari 2001 serta status terdaftar di Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan Nomor: 13/D/O/2001. STMIK Teknokrat memiliki dua Program Studi Strata Satu yaitu Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI), dimana ke dua program studi tersebut telah melakukan perpanjangan ijin operasional pada tanggal 3 Februari 2006 dengan nomor ijin perpanjangan No. 557/D/T/2006 untuk program studi Teknik

Informatika dan No. 558/D/T/2006 untuk program studi Sistem Informasi dan saat ini telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK)Teknokrat telah mendapatkan izin operasional dan status badan hukum pada tanggal 9 Juni 2000 serta status terdaftar di Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 92/D/O/2000. AMIK Teknokrat memiliki tiga program studi yaitu Komputerisasi Akuntansi (KA), Manajemen Informatika (MI) dan Teknik Komputer (TK). Pada tanggal 3 Februari 2006 Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Teknokrat telah melakukan perpanjangan ijin dengan No. 563/D/T/2006 untuk program studi Teknik Komputer, No. 564/D/T/2006 untuk program studi Manajemen Informatika dan No. 565/D/T/2006 untuk program studi Komputerisasi Akuntansi dan saat ini telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA)Teknokrat telah mendapatkan izin operasional dan status badan hukum pada tanggal 9 Juni 2000 serta status terdaftar di Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 92/D/O/2000. STBA Teknokrat memiliki satu program studi strata satu yaitu Sastra Inggris dan dua program studi diploma tiga, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Pada tanggal 20 Juli 2005 STBA Teknokrat telah melakukan perpanjangan ijin dengan No. 2610/D/T/2005 untuk program studi Bahasa Jepang, No. 2611/D/T/2005 untuk program studi Sastra Inggris dan No. 2612/D/T/2005 untuk program studi Bahasa Inggris dan saat ini telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar