Minggu, 14 Juni 2009

TEKNOKRAT INTERNATIONAL SEMINAR


Tahun 2009 merupakan tahun kedua bagi Teknokrat menghadirkan Native Speakers dari Amerika. Kali ini mereka hadir untuk mengisi acara Teknokrat International Seminar 2009 yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat. Kegiatan ini berhasil digelar di ruang auditorium setempat kemarin, (1/6). Acara yang bertajuk “One Step Closer to American Culture” ini dibuka langsung oleh Pembantu Ketua I STBA Teknokrat, Hj. Hernaini, S.S. yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa tema yang diambil pada kegiatan ini berkaitan erat dengan salah satu mata kuliah yang dipelajari mahasiswa, yaitu Telaah Pranata Masyarakat Amerika (TPMA). “Mengkaji sastra Amerika tidak akan pernah luput dari sejarah dan kebudayaan masyarakat Amerika,” jelasnya.
Seminar kali ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Kemarin, native yang dihadirkan berjumlah 11 (sebelas) orang, mereka adalah: Jason Escol, Melissa Grubb, Norman Hare, Lou Isabell, Micheal Jordan, Krista Pace, Paul Rape, John Heller, Stiffany Turner, Adam Turner, dan Valerie. Masing-masing dari mereka berlatar belakang sebagai seorang dosen, guru, juga mahasiswa. Berbagai pengalaman dan pengetahuan mengenai sejarah, kebudayaan, dan sastra mereka sampaikan dalam seminar ini.

Norman Hare, salah seorang native dalam penjelasannya mengatakan bahwa kita bisa mengambil nilai-nilai moral (moral value), kejujuran (honesty), keyakinan (faith) dan rasa haru (compassion) melalui karya sastra. Selain Hare, wanita berparas cantik dan pandai bermain biola, Valerie menjelaskan bahwa musik juga merupakan salah satu media belajar bahasa Inggris. Tidak selesai sampai disini, acara dilanjutkan oleh para native yang unjuk kebolehan dengan mengajar di ruang-ruang kelas sebagai dosen tamu pada hari itu.
Menarik dan heboh, satu kalimat yang bisa dipetik terhadap acara ini. Pasalnya, acara ini mampu menarik minat lebih dari 400 orang peserta. Mereka tidak hanya terdiri dari mahasiswa STBA-LPBM Teknokrat melainkan juga termasuk guru SD/SMP/SMA bidang bahasa inggris dan siswa SMA se-Bandar Lampung. Selain itu, perusahaan, media cetak dan elektronik juga turut serta memeriahkan acara ini. “Semoga acara serupa dapat digelar kembali di tahun depan. Karena acara ini mampu memberikan pengetahuan lebih sehingga kami dapat membuka mata kami lebar-lebar mengenai luasnya sejarah dan kebudayaan Amerika yang ada,” ungkap salah seorang peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar